Soal Online Pengantar Oseanografi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat 2018

By loker aufit - January 22, 2018



Istilah oseanografi berasal dari bahasa Inggris, Oceanography. Ocean berarti laut, sedangkan Graphy berasal dari kata Yunani, Graphein, yang memiliki arti menulis. Jadi secara harfiah Oseanografi memiliki arti menulis hal-hal tentang laut.

Menurut para ahli Oseanografi, secara umum Oseanografi dibagi menjadi lima kelompok, yaitu:


  • 1.     Oseanografi Kimia (Chemical Oseanografi), mempelajari semua reaksi kimia yang terjadi dan distribusi unsur-unsur kimia di samudera dan dasar laut


  • 2.      Oseanografi Biologi (Biological Oceanography) mempelajari tipe-tipe kehidupan di laut dan keterkaitannya dengan aspek lingkungan laut.


  • 3.      Oseanografi Fisika (Physical Oseanography) mempelajari berbagai aspek fisika air laut seperti gerakan air laut dan berbagai tipe energy di laut


  • 4.      Oseanografi Geologi (Geological Oceanography) mempelajari konfigurasi cekungan laut, asal-usu cekungan laut pada proses geologi laut.

Oseanografi merupakan ilmu yang terdiri dari banyak disiplin ilmu, seperti Fisika, Kimia, Biologi dan Geologi. Fungsinya pun sangat berkaitan erat dalam pengaplikasian sehari-hari bagi manusia, contohnya dengan mempelajari oseanografi kita dapat mengetahui jenis-jenis gelombang beserta dampak yang dimunculkan. Begitu juga dengan manfaat hayati dan non hayati yang terdapat di laut, kita tentu dapat memanfaatkannya secara bijak tanpa harus merusak ekosistem di perairan laut.

Berikut merupakan salah satu bentuk soal pengaplikasian materi Pengantar Oseanografi di Fakultas Perikanan dan Kelautan. Disini kita akan membahas permasalahan laut seperti gelombang, pasang surut, arus serta kondisi oseanografi secara fisika, kimia, biologi dan geologi.










         Download full PDF Soal Online Pengantar Oseanografi Fakultas Perikanan dan Kelautan        
                  Download

  • Share:

You Might Also Like

0 comments