D'Legenda : Mengubah yang Terlupakan Menjadi Tempat Wisata

By loker aufit - July 25, 2023


 

Riuh kemeriahan suasana hari Minggu menyambut kedatanganku ke sebuah tempat wisata menarik yang tengah hangat diperbincangkan netizen dunia maya. Tempat wisata ini bernama D' Legenda, sebuah tempat wisata yang mengusung tema keindahan kastil buatan dengan landscape pemandangan perbukitan menghijau serta birunya air danau bekas aktivitas pertambangan. 


        (Pemandangan Danau Biru Cempaka) 

Menilik pesatnya aktivitas pertambangan di Kalimantan Selatan, tidak mengherankan Provinsi ini juga memiliki banyak sekali lubang-lubang bekas galian tambang (void) yang ditinggalkan begitu saja tanpa adanya upaya kegiatan reklamasi untuk mengubah lubang bekas tambang menjadi kawasan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

                   (Tempat istirahat sekitar danau) 

Namun hal berbeda sepertinya telah dilakukan pemilik tempat wisata D' Legenda, melihat potensi keindahan danau biru berserta pemandangan pegunungan di sekelilingnya, tempat wisata ini berani tampil beda dengan mengusung tema “Disneyland”.

                         ( Pemandangan Kastil dari tepi jalan utama)

Sebagai tempat wisata yang tengah viral di masyarakat, pengelola tempat wisata D' Legenda menyiapkan konsep yang sangat matang dengan menggabungkan keindahan danau biru serta bangunan megah kastil sebagai daya tarik bagi para wisatawan. Terbukti pada saat weekend, banyak sekali wisatawan dari berbagai kota di Kalimantan Selatan berkunjung ke tempat Wisata D'Legenda.

D'Legenda sendiri berlokasi di Desa Tiung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Tempat wisata ini menjadi gerbang bagi tempat-tempat wisata lainnya di Kecamatan Cempaka. Seperti  tempat wisata Alaska Park yang terkenal dengan seluncuran pelangi dan wisata Dinosaurus, Borneo Wonderland yang akan membawa kita menikmati suasana pegunungan yang tenang dan indah, juga Kiram Park  yang sering digunakan para wisatawan untuk menghabiskan weekend mereka dengan menginap di vila-vila yang telah tersedia. 


Berwisata ke D'Legenda seperti mengajak kita menikmati suasana era masa lalu. Kastil megah bertingkat dua yang merupakan bangunan utama di tempat ini banyak diminati para wisatawan untuk dijadikan latar ber swafoto. Tidak sampai disitu, tempat wisata ini juga menyediakan arena Virtual Reality, dimana para pengunjung dapat merasakan menonton film 4D beramai-ramai bersama keluarga. 

                   ( Lokasi Virtual Reality) 

Selain itu terdapat banyak sekali spot foto instagramable yang sangat memanjakan mata. Pihak pengelola juga menyediakan sepeda listrik bagi kalian yang ingin berkeliling area wisata ini tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dijamin dengan harga tiket hanya Rp. 20.000 kalian akan puas menikmati semua fasilitas yang tersedia di tempat ini.

        (Anak-anak bermain sepeda listrik) 

             (Pemandangan dari atas kastil) 

                    (Loket Pembelian Tiket) 

Dengan harga tiket semurah itu sangat memungkinkan tempat wisata ini menjadi pilihan menarik menghabiskan weekend bersama orang tersayang, namun karena sangat membludaknya pengunjung yang datang, tempat wisata ini sepertinya kurang siap dalam upaya menjaga kebersihan. Saat berkunjung kesana saya mendapati begitu banyak sampah bekas makanan dan minuman yang berserakan di area foodcourt.

                          ( Area Foodcourt) 


Sangat disayangkan masyarakat kita masih kurang peduli dengan kebersihan saat berkunjung ke tempat wisata. Padahal tempat wisata ini memiliki potensi bagus untuk menarik wisatawan tidak hanya dari Kalimantan Selatan, bahkan juga hingga ke Provinsi lain.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments